Manfaat Cover Mobil Agar Cat Tahan Lama

Manfaat Cover Mobil Agar Cat Tahan Lama

Cover mobil atau sarung mobil secara umum berfungsi untuk melindungi lapisan car mobil dari panas dan hujan. Meski demikian material yang digunakan untuk cover mobil beraneka macam, tergantung fungsinya. Jika mobil kerap berada di luar rumah dan tidak terlindung atap, sebaiknya Anda menggunakan cover mobil yang anti air. Penting untuk kita melihat manfaat dari cover mobil sendiri.

Bagaimana cara memilih cover mobil yang berkualitas? Anda bisa melihat berbagai produk yang menawarkan cover mobil terbaik. Namun jangan salah, bahwa terkadang cover mobil tidak banyak yang memberikan garansi terbaik. Gunakan cover mobil yang berkualitas agar dapat memberikan perlindungan yang sempurna kepada mobil Anda. Cover mobil yang berkualitas memiliki dua sisi yang berbeda, sisi luar yang berfungsi menjaga panas dan pancaran sinar matahari, serta lapisan dalam yang lembut dan halus sehingga tidak menggores lapisan cat.

Mobil merupakan salah satu barang berharga meskipun saat ini Anda hanya mampu membeli mobil bekas. Bagi masyarakat Indonesia sendiri kendaraan roda empat ini memang simbol dari kesejahteraan. Tidak heran jika barang pertama yang selalu diburu para pekerja muda adalah mobil. Karena harganya mahal, orang-orang sering cemas akan kondisi tunggangannya. Terlebih harga kendaraan bisa jatuh hingga 50% saat dijual kembali jika eksteriornya tidak lagi ciamik. Salah satunya penyebabnya adalah kerusakan pada bagian body mobil.

Apa saja keuntungan memiliki cover mobil?

  • Melindungi Mobil dari Kerusakan yang Diakibatkan Perubahan Cuaca

Penggunaan cover atau sarung mobil adalah perlindungan terbaik dari perubahan cuaca yang tidak menentu. Perlu Anda ketahui desiran angin dan kerikil kecilpun sebenarnya berpotensi merusak, membuat bodi mobil lecet. Jika dibiarkan saja cat mobil bisa mengelupas dan membuatnya kusam. Terlebih jika mobil sering diparkir di area terbuka, maka tingkat kerusakan bodi bisa lebih besar tanpa adanya pelindung. Cover atau sarung mobil juga dapat menghalau paparan sinar matahari langsung yang sering merusakan bagian setir dan semua logam bisa menjadi sangat panas.

Sinar ultraviolet dari matahari juga dapat menyebabkan cat eksterior  pudar, juga merusakan tampilan jok terutama jika berbahan kulit asli, dan yang paling beresiko adalah dasbor yang terbuat dari bahan plastik. Jika dibiarkan terkena paparan sinar UV dalam waktu lama dabsor bisa retak.

  • Melindungi Mobil dari Pencurian dan Vandalisme

Bagaimana bisa cover mobil dapat menghindari kita dari pencurian? Cover mobil bukan hanya melindungi bodi dari perubahan cuaca, tapi juga menawarkan perlindungan dari pencurian kendaraan. Ketika seorang pencuri melihat sebuah mobil terlindungi oleh cover, biasanya mereka akan berpikir ulang. Pasalnya belum tentu jenis mobil yang ada, tidak sepadan dengan resikonya. Penggunaan sarung juga melindungi mobil dari resiko pencurian barang-barang di dalam mobil sehingga Anda dapat meninggalkan barang berharga, seperti tas dan ponsel dengan tenang.

Bagaimana memilih cover mobil berkualitas?

  • Lapisan luar dengan warna terang untuk menolak panas
  • Cover mobil bagian dalam terbuat dari material lembut agar tidak menggores cat mobil
  • Dilengkapi dengan UV stabilizer yang dapat melindungi cat mobil dari bahaya paparan sinar matahari
  • Material waterproof dengan jahitan sambungan rapi
  • Menutup seluruh bagian mobil dan ban
  • Tersedia dalam berbagai ukuran, disesuaikan dengan ukuran mobil

Penggunaan cover mobil sangat dianjurkan jika mobil Anda diparkir diluar. Karena selain melindungi cat mobil, cover mobil juga akan meminimalisir bahaya pencurian mobil. Karena pencuri sulit untuk mengidentifikasi jenis mobil, dan membutuhkan waktu lebih banyak untuk melepaskan cover mobil. Selain itu, cover mobil juga melindungi mobil dari bahaya goresan selama parkir di luar rumah.

Manfaat cover mobil bisa berkurang

Meski manfaat cover mobil yang baik adalah juga melindungi mobil dari hujan, namun jika cover mobil sudah dipakai dalam waktu lama, maka ketahanan terhadap air akan berkurang. Sebaiknya Anda segera mengganti cover mobil yang telah kehilangan kemampuan tahan airnya, karena air hujan mengandung zat asam yang dapat mengikis dan merusak lapisan cat mobil. Selain itu, jangan lipat cover mobil dalam kondisi basah, akan menyebabkan jamur dan bau.

Automoda Indonesia menyediakan berbagai ukuran dan model cover mobil berkualitas yang dapat disesuaikan dengan jenis mobil Anda.